Tak Hanya Mengenyangkan, Inilah 5 Manfaat Konsumsi Nasi untuk Kesehatan

Indonesia juga memang dari dulu dikenal sebagai negara agraris dimana penduduknya banyak yang berprofesi sebagai petani, terutama petani yang menanam padi. Ini membuat beras menjadi komoditi yang cukup mudah untuk Anda dapatkan, mulai dari yang dijual secara ecer seperti beras 2 kg atau beras yang dijual dalam jumlah besar.


Manfaat Mengkonsumsi Nasi

Beras ini akan ditanak menjadi nasi untuk menjadi menu utama dalam makanan sehari-hari masyarakat Indonesia. Namun tahukah Anda apa saja manfaat mengkonsumsi nasi untuk kesehatan? Berikut penjelasan mengenai manfaat nasi yang Anda konsumsi setiap hari.

  1. Membantu menyeimbangkan kadar gula darah
Beras yang sudah diubah menjadi nasi memiliki kandungan pati dan indeks glikemik yang tinggi. Hal ini bisa saja membuat kadar gula darah Anda naik yang membuat Anda mengalami kenaikan berat badan atau obesitas serta penyakit diabetes tipe II. Namun rupanya hal ini hanya akan terjadi jika Anda hanya mengkonsumsi nasi tanpa tambahan lauk apapun.

Maka, jika Anda mengkonsumsi nasi secara seimbang yang Anda padukan dengan gizi dan vitamin lainnya yang berasal dari lauk pauk atau sayuran, hal itu justru bagus untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah Anda karena dapat memperlambat proses pencernaan dalam tubuh.

  1. Mudah dicerna
Setiap lapisan luar dari produk biji-bijian mengandung zat asam fitat. Zat ini merupakan sebuah anti nutrisi yang bisa mengganggu pencernaan apabila tidak dinetralkan terlebih dahulu. Namun Anda tidak perlu takut jika mengkonsumsi nasi putih yang berasal dari beras, baik beras 2 kg atau jenis beras apapun.

Nasi yang berasal dari beras merupakan jenis makanan yang sudah melalui proses penetralan asam terlebih dahulu.  Ini membuat nasi bisa lebih mudah dicerna oleh pencernaan Anda.

  1. Bebas  dari gluten
Makanan-makanan yang mengandung gluten merupakan makanan yang cenderung dihindari oleh kebanyakan orang. Makanan dengan kandungan zat gluten merupakan makanan yang sulit dicerna bahkan beresiko menimbulkan reaksi terhadap dinding usus halus Anda.

Zat gluten akan banyak Anda temukan pada produk-produk seperti gandum atau barley. Jika Anda juga merupakan salah satu orang yang menghindari konsumsi gluten, maka mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok merupakan pilihan yang tepat karena nasi merupakan makanan yang tidak mengandung gluten dan termasuk jenis makanan hypoallergenic.

  1. Membantu masalah pencernaan
Tahukan Anda bahwa nasi memiliki peranan penting dalam dunia kesehatan dan pengobatan tradisional Timur? Dalam teknik pengobatan ayurveda di India atau pengobatan tradisional China, nasi merupakan makanan yang memiliki kualitas yang bagus untuk proses penyembuhan.

Kedua pengobatan tradisional ini menggunakan nasi putih sebagai makanan pendingin atau mereka sebut yin, yang memiliki manfaat untuk menenangkan rasa panas yang berlebihan yang terjadi pada orang yang memiliki masalah pencernaan kronis.

  1. Menjaga kecantikan kulit
Nasi juga memiliki kandungan senyawa phenolic yang bermanfaat untuk menjadi anti inflamasi yang baik dalam meredakan iritasi atau kemerahan pada kulit. Manfaat nasi yang satu ini juga telah lama diketahui dan digunakan di India sejak dahulu. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengkonsumsi nasi secara langsung atau juga diaplikasikan pada wajah dalam bentuk bubuk beras.

Itulah beberapa manfaat dari nasi yang masih jarang diketahui. Dengan ragam manfaat tadi, Anda tidak perlu takut lagi untuk mengkonsumsi nasi, terlebih makanan ini merupakan makanan yang sangat mudah ditemukan bahkan dalam sudah banyak dijual dalam bentuk eceran beras 2 kg.
Tak Hanya Mengenyangkan, Inilah 5 Manfaat Konsumsi Nasi untuk Kesehatan Tak Hanya Mengenyangkan, Inilah 5 Manfaat Konsumsi Nasi untuk Kesehatan Reviewed by Admin on 19.13 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.