6 Tips Mengatasi Jerawat Akibat Terlalu Lama Memakai Masker Kain


Sejak pemerintah menghimbau agar masyarakat mengenakan masker kain, banyak yang akhirnya jual masker kain demi memenuhi permintaan pasar yang tinggi. Himbauan ini dikeluarkan setelah melihat masyarakat kesulitan mendapatkan masker bedah karena barang yang langka dan harga yang melambung tinggi. Himbauan ini juga sekaligus membangkitkan roda perekonomian masyarakat yang sebelumnya mandek akibat pandemi ini.



Selama pandemi belum berakhir, masyarakat wajib memakai masker jika melakukan kegiatan di luar rumah. Selama Anda berada di luar rumah, selama itu pula Anda perlu mengenakan masker kain. Pemakaian masker yang terlalu lama ternyata bisa menyebabkan masalah pada wajah. Untuk Anda yang memiliki kulit wajah sensitif, pemakaian masker ini bisa menyebabkan munculnya bruntusan dan jerawat. Kalau sudah begini, apa yang sebaiknya Anda lakukan?

Atasi Jerawat Akibat Terlalu Lama Memakai Masker Kain

Solusinya bukan dengan tidak lagi mengenakan masker kain, melainkan jerawatnya yang harus diatasi. Bagaimanapun, Anda perlu memakai masker kain untuk melindungi diri dari tertular virus corona.

Lalu, bagaimana cara mengatasi jerawat akibat terlalu lama memakai masker? Berikut ada beberapa cara yang bisa Anda coba.

  1. Cuci masker dengan benar
Yang pertama, cuci masker dengan benar. Pastikan tidak ada lagi sisa-sisa deterjen yang menempel pada masker karena hal ini bisa memicu timbulnya jerawat. Tidak hanya itu, Anda juga perlu memastikan cara penyimpanannya juga benar.

Simpanlah masker kain di tempat yang kering dan bersih. Kalau perlu, sediakan pouch khusus sebagai wadah masker. Jika Anda hendak bepergian, Anda hanya perlu membawa pouch tersebut.

  1. Ganti masker setiap 4 jam sekali
Yang kedua, ganti masker setiap empat jam sekali. Kenapa? Setelah 4 jam, masker kain menjadi tidak efektif dalam menangkal virus. Masker sudah kotor karena terlalu lama dipakai. Masker juga biasanya sudah basah karena keringat. Jika sudah begini, lebih baik Anda menggantinya dengan masker yang baru.

  1. Pemilihan masker yang tepat
Yang ketiga, pilih masker yang tepat. Dari sekian banyak yang jual masker kain, pilihlah yang jual masker dari kain katun. Kain katun dinilai memiliki kemampuan yang baik dalam menangkal virus corona. Selain itu, kain ini juga memungkinkan penggunanya tetap merasa nyaman karena masih bisa bernapas dengan lega.

  1. Rajin mencuci wajah
Yang keempat, Anda harus rajin mencuci wajah. Sebelum memakai masker, cuci wajah Anda terlebih dahulu. Jika sudah selesai memakai masker, Anda juga perlu mencuci wajah agar wajah tetap bersih. Dengan mencuci wajah, semua kotoran dan kulit mati yang menempel akan terangkat.

  1. Rajin menggunakan skincare
Yang kelima, gunakan skincare dengan rajin. Jika sebelumnya Anda masih malas-malasan mengenakan skincare, sekarang tidak boleh lagi. Gunakan skincare setiap hari agar wajah Anda tetap mulus dan mencegah timbulnya jerawat. Penggunaan skincare ini juga akan membuat wajah Anda lebih lembab sehingga tidak ada gesekan yang berarti antara kulit muka dan masker.

  1. Kurangi penggunaan make up
Yang keenam, kurangi penggunaan make up terutama make up di area hidung dan mulut. Lagipula, penggunaan make up di area ini juga percuma karena tidak akan terlihat. Gunakan make up seperlunya. Anda bisa memaksimalkan tampilan dengan penggunaan make up di area mata.

Nah, itulah 6 tips mengatasi jerawat akibat pemakaian masker kain yang terlalu lama. Yang paling utama adalah pemilihan masker yang tepat. Dari sekian banyak yang jual masker kain, pilihlah masker kain yang terbuat dari kain katun karena masker dari kain katun lebih nyaman digunakan. Boleh yang polos, boleh juga masker fullprint. Kemudian, cegah munculnya jerawat dengan merawat kebersihan wajah dan penggunaan skincare.

6 Tips Mengatasi Jerawat Akibat Terlalu Lama Memakai Masker Kain 6 Tips Mengatasi Jerawat Akibat Terlalu Lama Memakai Masker Kain Reviewed by Admin on 19.39 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.